Sumber Informasi Rekreasi dan Seputar Berita Menarik Lainnya
Informasi Umum

5 Tempat Tujuan Wisata di Kota Harbin

Harbin adalah sebuah kota yang terletak di wilayah timur laut Republik Rakyat Tiongkok. Kota Harbin merupakan ibukota Provinsi Heilongjiang sekaligus kota terbesar di bagian timur laut negeri tirai bambu tersebut dengan penduduk lebih dari 5 juta jiwa menurut sensus pada 2010. Letak kota Harbin yang berada di koordinat 440 hingga 460 Lintang Utara menjadikannya masuk dalam zona iklim sedang.

Iklim sedang kota Harbin membuat kota ini memiliki suhu rata-rata 210C di musim panas, dan -160C di musim dingin. Iklim kota Harbin dipengaruhi oleh angin musim dingin dari wilayah Siberia yang membuatnya memiliki musim dingin yang panjang. Karena suhu yang dingin dengan musim dingin yang panjang tersebut, Harbin mendapat julukan sebagai kota es.

Julukan kota es tersebut membuat Harbin terkenal sebagai salah satu tujuan wisata di musim dingin. Ada banyak tempat wisata di Harbin yang menarik perhatian banyak turis, terutama ketika musim dingin. Beberapa lokasi wisata di Harbin yang menarik perhatian banyak wisatawan adalah:

Katedral Saint Sophia

Katedral Saint Sophia adalah bekas gereja umat Ortodoks Rusia yang telah beralih fungsi menjadi museum. Bekas gereja ini dibangun pada tahun 1907 sebagai tempat ibadah bagi tentara Rusia yang baru saja mengalami kekalahan dari Jepang. Gereja ini ditutup pada masa pemerintahan komunis di Tiongkok pada tahun 1949. Setelah dilakukan restorasi pada 1996, katedral ini difungsikan sebagai museum seni sejak tahun 1997 dan menjadi salah lokasi yang ramai dikunjungi wisatawan mancanegara.

Central Street / Zhongyang Pedestrian Street

Central Street merupakan area di Kota Harbin yang terkenal dengan bangunan-bangunan bergaya Eropa di sepanjang jalan. Area ini juga merupakan jalan untuk pejalan kaki yang memiliki panjang mencapai 1450 meter. Dengan panjang tersebut, Central Street merupakan area pejalan kaki terpanjang di Tiongkok. Central Street dibangun oleh para konstruktor dari Rusia pada tahun 1898. Di sepanjang terdapat berbagai toko dan pedagang yang menjual berbagai macam barang.

Kota Tua Lao Daowai

Lao Daowai merupakan area kota tua di Kota Harbin yang terkenal dengan berbagai macam bangunan bergaya baroque. Daerah ini memiliki bangunan yang memadukan gaya Baroque dari Eropa dengan gaya Siheyuan khas Tiongkok. Selain itu, wilayah kota tua Lao Daowai memiliki area bangunan bergaya Baroque terbesar di Tiongkok. Area kota tua Lao Daowai menjadi salah satu destinasi wisata yang dibuka untuk umum sejak 2014.

Arena Ski di Wanda Harbin Mall

Wanda Harbin Mall adalah pusat perbelanjaan di kota Harbin yang begitu populer. Hal ini karena mall ini memiliki arena ski indoor terbesar di dunia. Terdapat setidaknya 6 arena ski yang memiliki panjang hingga 500 meter. Arena ski ini dibuka pada Juli 2017 dan mampu menampung hingga 3000 pengunjung. Di arena ski ini juga terdapat arena anak dengan kastil es yang indah.

Festival Internasional Salju dan Es Harbin

Festival ini merupakan festival musim dingin terbesar di dunia. Awalnya festival ini hanya diikuti oleh masyarakat Tiongkok, namun saat ini festival ini diikuti oleh peserta dari berbagai negara dan menjadi daya tarik utama wisatawan mancanegara. Festival ini dibuka setiap tahunnya mulai tanggal 5 Januari dan berlangsung selama sebulan penuh. Festival Salju dan Es ini mengambil lokasi di Taman Pulau Matahari, Bingxue Gong, dan Taman Zhaolin dimana ketiganya berada di sekitar sungai Songhua.

Ada banyak agen tour & travel yang menyediakan paket wisata dengan harga bersaing. Beberapa agen tour & travel biasanya memberikan paket wisata luar negeri untuk tujuan Harbin dengan jadwal keberangkatan di bulan Januari. Hal tersebut agar wisatawan dapat menikmati festival salju dan es di kota Harbin yang berlangsung pada bulan Januari.