Sumber Informasi Rekreasi dan Seputar Berita Menarik Lainnya
Bisnis

Beberapa Kesalahan Fatal yang Membuat Pelanggan Tidak Kembali Pada Bisnis Anda

Setiap bisnis online pastinya tahu bahwa seseorang yang melakukan pembelian di website Anda hanyalah sebuah permulaan. Sekarang Anda perlu memainkan kartu Anda dengan benar untuk memastikan pelanggan baru Anda memiliki pengalaman yang luar biasa dan menjadi pelanggan tetap.

Terlalu mudah untuk kehilangan kepercayaan pelanggan setelah penjualan. Untuk memastikan Anda memberikan pengalaman pelanggan yang layak untuk menginspirasi loyalitas mereka, ada beberapa kesalahan yang perlu Anda hindari. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa kesalahan fatal yang membuat pelanggan tidak kembali pada bisnis Anda:

1. Melakukan pengiriman yang lambat

Salah satu tantangan terbesar Anda sebagai pemilik bisnis online adalah mengatasi keberatan pelanggan tentang pengiriman. Jika mereka senang dengan produk Anda (yang sebagian besar adalah hal yang sangat baik), itu berarti mereka akan jauh lebih kesal karena harus menunggu lama untuk menerimanya produk tersebut.

Dan harapan pelanggan hanya semakin tinggi ketika berbicara tentang kecepatan pengiriman. Mereka mungkin tidak mengharapkan mengirimkan pesanan kepada mereka dalam dua hari tanpa biaya tambahan, tetapi mereka akan melihat jika diperlukan beberapa minggu atau lebih – terutama jika Anda belum memberi mereka ide realistis tentang apa yang diharapkan.

Jika Anda tidak mampu untuk menawarkan pengiriman cepat yang gratis atau murah ke pelanggan Anda, yang paling tidak Anda dapat (dan harus) lakukan adalah memastikan Anda mendapatkan produk mereka melalui pos secepat mungkin di pihak Anda. Jangan biarkan produk-produk itu terbengkalai di sana selama berhari-hari sebelum Anda mengemasnya dan menyerahkannya kepada jasa ekspedisi, hal ini bertujuan untuk memiliki pesanan melalui pos dalam satu hingga dua hari setiap pembelian.

2. Kemasan produk Anda buruk

Meskipun Anda ingin mengemas pesanan dengan cepat agar dapat dikirim tepat waktu, itu tidak berarti Anda dapat melakukannya dengan sembarangan. Kemasan buruk yang tidak memberikan perlindungan yang cukup untuk produk Anda saat sedang transit dapat menyebabkan kerusakan dalam perjalanan. Bayangkan jika pelanggan mendapatkan produk baru dan ketika membukanya, mereka malah melihat barang mereka rusak. Oleh karena itu, pastikan Anda mengemas barang-barang rapuh dengan hati-hati untuk menghindari terjadinya kerusakan tersebut.

3. Mengirim produk yang salah

Setiap manusia pastinya pernah melakukan kesalahan, tetapi Anda ingin melakukan semua yang Anda bisa untuk memastikan produk yang Anda kirim sama persis dengan yang dipesan orang. Itu berarti ukuran, warna, dan kuantitas yang tepat, serta produk yang tepat. Pastikan karyawan Anda terlatih dengan baik dan Anda membuat sistem yang baik untuk mengemas pesanan secara efektif dan memeriksa ulang sebelum mengirimkannya.

Seperti contohnya, jika pelanggan memesan jam tangan Casio warna merah, maka Anda harus mengirim tipe dan warna yang sama pula. Apabila Anda tidak melakukanya, maka hal ini dapat merusak reputasi serta kredibilitas yang dimiliki oleh bisnis toko online Anda.

4. Sangat sulit untuk melakukan pengembalian barang

Pengembalian barang adalah salah satu hal yang paling menjengkelkan dalam sebuah bisnis online. Selain pelanggan menerima produk yang tidak sesuai dengan pesanan, mereka juga harus repot-repot mengemas dan mengirimkan kembali barang tersebut. Untuk membantu meringankan hal ini, lakukan semua yang Anda bisa untuk menjaga pengembalian barang tanpa merepotkan para pelanggan  Anda.

Berikan label pengiriman untuk mereka dan, jika mungkin, tawarkan untuk menutup biaya pengiriman atau setidaknya sebagian dari itu. Jika tidak praktis untuk menutupi biaya pengiriman kembali setiap saat (pasti bisa menjadi mahal!), Pertimbangkan untuk memberikan insentif pembelian di masa mendatang dengan menawarkan pengiriman gratis sebagai imbalan bagi pelanggan yang meminta kredit daripada pengembalian dana. Ini mengurangi biaya untuk mereka, sambil memberi Anda janji pembelian di yang akan datang.