Sumber Informasi Rekreasi dan Seputar Berita Menarik Lainnya
Liburan

Sensasi Ombak Pantai Plengkung Banyuwangi

Saat berkunjung ke pantai tentunya memiliki tujuan utama yaitu menikmati suara deburan ombak sambil menikmati kesejukan angin sepoi sepoi dipinggir pantai. Namun berbeda untuk wisatawan yang berkunjung di Pantai Plengkung ini, biasanya pantai ini menjadi tempat favorit bagi para peselancar.

pantai plengkung

Pantai Plengkung atau yang biasa disebut dengan G- Land ini merupakan pantai yang terletak dikawasan Alas Purwo, kabupaten Banyuwangi. Dengan lokasi pantai yang menghadap langsung ke arah Samudera Hindia, sehingga memiliki sensasi ombak yang spektakuler dengan ketinggian mencapai empat sampai delapan meter. Kombinasi ombak panjang yang begitu tinggi serta berkecepatan tinggi yang membuat para penggila surfing sangat jatuh hati dengan pantai Plengkung.

Gulungan ombak pantai plengkung ini merupakan ombak terbesar kedua setelah Hawai. Puncak ombak pantai Plengkung ini biasanya berlangsung pada bulan tertentu seperti Juni, Juli dan November. Ombaknya mencapai 6 meter, sehingga para peselancar yang datang akan lebih banyak dari hari biasa.

Pantai Plengkung telah menyediakan rumah panggung bagi wisatawan yang ingin melihat para peselancar dari kejauhan. Selain itu para wisatawan dapat menikmati panorama pantai nan indah. Hamparan pasir putih, air laut biru dengan gelombang tak pernah putus-putus bisa membuat pikiran kita tenang dan dengan mudah melepas kepenatan dari pekerjaan sehari-hari.

Pantai Plengkung dikelola oleh PT. Plengkung Indah Wisata yang dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai, seperti Bar, Restoran, Bungalow, Jangle Camp, penyewaan papan selancar, dan masih banyak lainnya. Namun hampir semua transaksi di tempat ini menggunakan mata uang dollar, sehingga terkesan mahal.

Harga tiket yang dikenakan unuk masuk ke pantai Plengkung sangat murah, para pengunjung hanya dikenakan tarif Rp 5000/orang untuk masuknya. Di Pantai Plengkung, tidak terdapat jam buka tertentu, jadi anda bisa bebas datang kapanpun. Namun sangat disarankan jika datang pagi hari atau sore hari karena matahari tidak terlalu menyengat pada jam-jam tersebut.  Jadwalkan liburan dengan paket wisata banyuwangi agar liburan semakin menyenangkan

Terdapat beberapa akses untuk menuju Pantai Plengkung berupa rute perjalanan ke Pantai Plengkung dibagi menjadi tiga yaitu

Jalur darat

Jika melalui jalur darat, langsung saja dari Banyuwangi menuju arah Taman Nasional Alas Purwo. Namun anda hanya dapat menaiki kendaraan sampai dengan pos jaga Pancur. Sesampai pos ini, wisatawan harus naik kendaraan yang telah disediakan dikarenakan jalan yang dilalui adalah jalur sulit. Dan kendaraan tesebut akan mengantar hingga pintu gerbang G-Land.

Jalur Darat – Laut

Rute ke Pantai Plengkung Banyuwangi melalui jalur darat dan laut ini bisa ditempuh jika tempat transit wisata pertama adalah pantai Grajagan. Dapat menempuh jalur darat terlebih dahulu menuju pantai Grajagan dan menaiki kapal, baik kapal nelayan atau kapal lain dari pantai tersebut. Jika berwisata dari Bali, maka Anda perlu menempuh perjalanan darat terlebih dahulu menuju pelabuhan, baru menaiki kapal menuju Pantai Plengkung.

Melalui Laut

Jika melalui jalur laut saja Pantai Plengkung indi bisa dicapai dengan menggunakan kapal bila anda dari pulau Bali ataupun dari arah pantai Grajagan.