Sumber Informasi Rekreasi dan Seputar Berita Menarik Lainnya
Informasi Umum

Tentang event Pameran Bus Pariwisata

Bagi para bus mania, pameran bus pariwisata merupakan event yang wajib di masukan kedalam agenda mereka. Pasalnya dalam perhelatan event tersebut, para penyedia jasa sewa bus pariwisata di Jakarta dan kota besar ikut andil dalam memperkenalkan armada mereka. Selain itu berbagai macam bus pariwisata terbaru mulai dari tipe, model hingga jenis di pamerkan.

foto saungbus.com pameran bus wisata di parkiran

Akan tetapi nyatanya, pameran sejenis juga menghadirkan aneka informasi pendidikan dan sejarah dunia bus pariwisata mulai dari awal hingga sekarang. Sehingga, tentu saja bagi para bus mania yang selalu up to date dan mengikuti sejarah perkembangan dunia bus wisata, acara tersebut dapat menjadi ajang bagi mereka untuk menggali info sebanyak-banyaknya. Dengan hadir dalam perhelatan tersebut, para bus mania  dapat memenuhi hasrat mereka  dalam memburu informasi bus pariwisata. Umumnya Pameran otomotif yang menghadirkan model bus pariwisata terbagi menjadi dua jenis pameran, yakni pameran bus pariwisata tradisional dan pameran bus pariwisata futuristik.

Sesuai dengan namanya, pada pameran bus pariwisata klasik pihak panitia akan memamerkan beragam jenis bus pariwisata klasik yang menjadi bagian daripada sejarah dunia bus pariwisata dari dahulu hingga sekarang. Dari dua jenis pameran bus pariwisata tersebut, jenis pameran bus pariwisata klasik kini tengah menjadi sorotan di masyarakat. Pameran bus pariwisata klasik memang menjadi daya tarik tersendiri karena keunikan desain yang dimilikinya. 

Beragam jenis bus klasik dengan berbagai model dari tahun pembuatan yang berbeda akan mewarnai pameran bus pariwisata klasik tersebut. Bus-bus pariwisata yang ditampilkan tersebut akan tersusun berdasarkan pembagian zaman dan tahunnya. Salah satu jenis bus pariwisata klasik yang bisa dipamerkan adalah bus POWNIS yang pernah dioperasikan pada era 1970 hingga awal tahun 2000-an sebagai angkutan rakyat di Pulau Bangka.

Bus-bus klasik tersebut bisa di dapatkan melalui donasi dari berbagai pihak perusahaan atau pun dinas pariwisata yang mengelola museum bus pariwisata klasik. Agar bus-bus klasik tersebut tidak rusak selama pameran oleh pengunjung, ada baiknya pihak panitia memasang garis pembatas. Supaya pameran bus pariwisata lebih menarik, pihak pengelola juga menyelenggarakan acara diskusi yang membahas seputar bus, wisata dan sejarahnya di Indonesia. Selain memuaskan hasrat para bus mania dalam memburu bus pariwisata, pameran bus pariwisata klasik diharapkan dapat mengangkat perspektif lain dari fungsi sebuah bus pariwisata sebagai alat transportasi.