Sumber Informasi Rekreasi dan Seputar Berita Menarik Lainnya
Bisnis

Proses Web Developer: Dalam membuat website

Apa itu web developer dan web design

Di dunia sekarang ini, di mana teknologi digital telah mempengaruhi dan berdampak pada hampir setiap orang, bisnis mulai berupaya membangun kehadiran online mereka. Untuk memungkinkannya, langkah pertama dan terpenting adalah membuat website Anda.

Beberapa orang berpikir, prosesnya sederhana. Tetapi itu tidak sepenuhnya benar. Meskipun sepertinya pengembangan aplikasi desktop sederhana, tetapi memang memiliki beberapa perbedaan nyata. Yang membuat keseluruhan proses menjadi kompleks.

Untuk proses web development yang efektif, penting untuk mendapatkan ide dasar teknologi. Seperti HTML, CSS, JavaScript. Penggunaan teknologi ini dengan cara yang benar memberikan bentuk yang sempurna ke website tempat bisnis dapat membangun interaksi yang efektif dengan pelanggan potensial mereka.

Untuk mendapatkan hasil terbaik di tangan, penting untuk memahami setiap langkah mulai dari pengumpulan informasi awal, hingga perencanaan terperinci, dan pemeliharaan pasca peluncuran yang terlibat dalam pengembangan situs web.

Jangan lupa, situs web adalah basis bisnis dan harus berbicara dengan keras tentang merek dan layanan Anda.

Sebuah situs web yang sukses melakukan tiga hal: Ini menarik jenis pengunjung yang tepat, membimbing mereka ke layanan utama atau produk yang Anda tawarkan, dan mengumpulkan detail kontak untuk hubungan berkelanjutan di masa depan, kata Mohamed Saad.

Langkah-langkah dalam Proses Web Development

1. Mengumpulkan informasi

Setiap hal baru dimulai dengan tujuan tertentu dalam pikiran. Dan begitu juga proses pekerjaan web developer dalam membuat website bisnis, penting untuk menentukan tujuannya, sasaran, dan jenis audiens yang ditargetkan.

Tahap ini adalah tahap penemuan di mana pekerjaan penelitian dimulai dengan mengingat tujuan dan target audiens. Ini akan membantu dalam mengembangkan pemahaman yang jelas tentang situs web sehingga membantu dalam merencanakan strategi terbaik untuk masa depan. Menghabiskan waktu yang baik dalam melakukan penelitian dan mengumpulkan data pra-pengembangan membantu melindungi Anda dari menghabiskan waktu ekstra dalam membangun dan menyelesaikan masalah yang tidak perlu di masa depan.

2. Perencanaan, Peta Situs, dan Pembuatan Wireframe

Ini adalah cetak biru yang membantu pelanggan mengetahui bagaimana situs web yang sebenarnya akan terlihat.

Secara keseluruhan, sitemap adalah cara yang membantu menggambarkan hubungan antara berbagai area situs web yang menghasilkan pemahaman yang jelas tentang penggunaannya. Ini membantu klien untuk mengetahui bagaimana berbagai halaman di situs web dihubungkan dan membantu dalam menghasilkan informasi maksimum dari sumber daya dan data yang tersedia. Pastikan Anda menggunakan pengetahuan yang tepat dan waktu yang tepat untuk membuat peta situs yang mudah dipahami dan dinavigasi.

Karena sitemap adalah representasi dari aliran informasi situs web, ia tidak menggambarkan antarmuka pengguna. Untuk membuat segalanya lebih jelas, kerangka gambar atau mock-up adalah karya sketsa yang dibuat untuk memberikan tampilan visual situs web tanpa menggunakan warna atau gambar.

Hal terakhir di mana keputusan harus dibuat selama langkah adalah pemilihan tumpukan teknologi seperti bahasa pemrograman, kerangka kerja, CMS, dll di mana Anda akan bekerja untuk membuat situs web penting.

3. Merancang

Ini adalah langkah di mana Anda menawarkan bentuk dan tampilan situs web Anda. Ini terdiri dari penambahan konten visual, gambar, grafik, video dan informasi lainnya di halaman web. Selama mendesain dan tata letak situs web, sangat penting untuk mengingat audiens target. Lakukan sketsa yang sesuai dengan ide-ide Anda dan kirimkan ke klien. Pastikan bahwa Anda meletakkan ide yang sempurna di atas kertas yang dapat dengan mudah dipahami oleh klien. Namun, jika klien menginginkan beberapa perubahan, diskusikan dan perjelas sebelum memberikan produk akhir.

4 Penulisan dan Perakitan Konten

Penulisan konten memainkan peran penting dalam proses pengembangan web. Membuat konten yang berpengaruh dengan informasi yang sebenarnya membantu Anda berkomunikasi dengan audiens target dan oleh karena itu penting untuk menginvestasikan waktu dan energi yang tepat dalam tahap proses pengembangan web ini. Tambahkan ajakan bertindak untuk memengaruhi seseorang untuk menggunakan layanan.

Penulisan konten yang sempurna adalah tentang membuat konten informatif, tajuk yang menarik, mengedit teks, menyusun teks yang ada, dll. Karena sebagian besar klien menuntut pengiriman situs web beserta konten lengkap di dalamnya. Karena itu sangat penting untuk menyelesaikan pekerjaan sebelumnya.

5 Coding

Ini adalah langkah di mana semua bagian terhubung dan diimplementasikan untuk membuat struktur yang didefinisikan dengan baik satu per satu.

Mulailah langkah ini dengan membuat beranda terlebih dahulu, maju dengan menambahkan subhalaman dan ikuti hierarki seperti yang dibahas dalam peta situs. Gunakan desain Grafis untuk memberi tampilan visual pada situs web Anda. Terapkan kerangka kerja dan CMS yang telah Anda pilih.

Halaman statis yang dibuat selama pembuatan mock-up dan tata letak harus diuji. Instal plugin CMS jika diperlukan. Optimalkan situs web dengan SEO. Ini akan membantu Anda dalam menentukan peringkat situs web Anda pada mesin pencari sehingga akan membantu menargetkan pelanggan potensial dan membuat orang tahu tentang produk dan layanan Anda.

6. Pengujian

Ini adalah langkah paling penting yang membantu dalam menilai pekerjaan Anda sebelum dikirim ke pelanggan. Di sini, penting untuk menguji setiap tautan, formulir, skrip, dan bahkan menjalankan perangkat lunak pemeriksa ejaan yang membantu menemukan kesalahan pengetikan. Manfaatkan validator kode untuk memastikan bahwa kode yang Anda gunakan mengikuti standar web saat ini.

Setelah semua proses pengujian selesai, unggah situs web ke server dengan menggunakan perangkat lunak File Transport Protocol (FTP). Setelah ini, Anda dapat menjalankan tes akhir untuk sepenuhnya yakin bahwa semua file diunggah dengan benar.

7. Pemeliharaan

Memberikan situs web fungsional tidak cukup. Ini lebih tentang layanan daripada pengiriman produk akhir. Sangat penting untuk memastikan bahwa semuanya berjalan dengan baik dan semua orang puas dengan apa yang Anda berikan. Jika Anda menemukan masalah, pastikan Anda memperbaikinya sesegera mungkin.

Bersamaan dengan menawarkan pengiriman dan layanan yang lebih baik, sangat penting untuk selalu memperbarui situs web. Ini membuatnya aman dari masalah keamanan dan bug.

Kesimpulan

Proses pengembangan situs web bukanlah sesuatu yang dimulai dengan pengkodean dan berakhir dengan peluncuran akhir situs web. Berbagai tahapan dan proses selanjutnya adalah sesuatu yang membantu dalam memberikan pekerjaan yang mengesankan. Mengingat tujuan proyek dan target audiens membantu Anda memenangkan setengah pertempuran. Pastikan Anda melakukan segala upaya yang mungkin dan membuat perubahan untuk menawarkan kepuasan kepada pengguna akhir. Memperhatikan setiap detail kecil proyek membantu Anda mendapatkan kepercayaan dan kontrol penuh atas proyek.

Sumber: Web Design Process Google Site Web Development